Kamis, 10 Oktober 2019

Menyusuri Kota Tua di Surabaya


Umumnya para wisatawan lokal ataupun mancanegara akan lebih memilih berwisata ke Malang ataupun Bromo, padahal Kota Surabaya sendiri juga memiliki pesona wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan daerah lain.
Wisata-wisata yang ada di Kota Surabaya justru memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan kota-kota lain karena Kota Surabaya merupakan salah satu pusat bisnis dan merupakan pintu gerbang wilayah Jawa Timur. Selama ini, Kota Surabaya sering dijadikan sebagai tempat persinggahan atau tempat transit saja bagi pebisnis ataupun wisatawan dari luar kota ataupun luar pulau. Padahal di kota yang terkenal dengan sebutan Kota pahlawan ini menyimpan banyak sekali kekayaan sejarah yang unik dan menarik. Tidak hanya itu, Surabaya juga memiliki taman-taman kota, hutan kota yang cukup indah dan asyik untuk dikunjungi serta wisata kekinian khas ala anak muda yang mempunyai spot - spot cantik untuk selfi.
Ada beberapa tempat di Surabaya yang murah dan menarik untuk dikunjungi, diantaranya adalah :

1.   1. TUGU PAHLAWAN                                                                                                                       Kalau ke Tugu Pahlawan adalah Ikon pertama dari Kota Surabaya .
Belum lengkap rasanya berkunjung ke Kota Surabaya jika tidak berkunjung ke Tugu Pahlawan karena ini adalah IKON dari Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Tugu ini dibangun untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 tentang perjuangan Arek -arek Suroboyo dalam melawan penjajah.                                         
Jam Operasional : 07.00-15.00 ( Senin – Jumat ), 07.00-12.00 ( Sabtu-Minggu )                
Alamat : Jl. Pahlawan, Alun- alun Contong, Bubutan.                                                         
 Cara kesini : Dari terminal JMP naik angkot Q warna merah trayek Bratang-JMP, turun di depan Tugu Pahlawan. 

2.   JEMBATAN MERAH

Jembatan ini menjadi salah satu ikon Kota Surabaya. Jembatan yang merupakan kawasan komersial pada saat itu dan menjadi satu-satunya jalan yang menghubungkan antara Kalimas dan Gedung Residensi Surabaya. Jembatan Merah merupakan fasilitator yang sangat penting pada era itu.Awalnya,kawasan Jembatan Merah adalah daerah perdagangan yang mulai berkembang sebagai akibat dari Perjanjian Paku Buwono II dari Mataram dengan VOC pada 11 November 1743. Isi perjanjian itu adalah sebagian daerah yang berada di pantai utara termasuk Surabaya yang berada di bawah kolonialisme Belanda diserahkan penguasaannya kepada VOC sehingga sejak saat itu Surabaya sepenuhnya berada dalam kekuasaan Belanda. Posisi Jembatan Merah sebagai pusat perniagaan terus berlangsung dan terus berkembang hingga saat ini,bahkan sekarang di sekitar Jembatan Merah telah berdiri Plaza Jembatan Merah.
Sekitar tahun 1890-an, Jembatan  Merah mengalami perubahan fisik,saat pagar pembatasnya dengan sungai telah dirubah dari kayu menjadi besi. Sekarang kondisi jembatan yang telah menghubungkan Jalan Rajawali dan Jalan Kembang Jepun di sisi utara Surabaya itu, hampir sama dengan jembatan pada umumnya. Yang membedakan hanyalah warna merah. Di sekitar jembatan juga terdapat beberapa bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang masih berfungsi dan terletak di selatan Jembatan Merah.  Jembatan ini pernah menjadi saksi hidup tentara Indonesia, khususnya pahlawan-pahlawan Surabaya melawan kolonialisme Belanda. Jembatan merah adalah warisan penting bagi sejarah Indonesia. Meski bentuknya telah berubah tetapi nilai sejarah dari Jembatan Merah tidak akan pernah berubah karena nilai-nilai yang tersimpan dapat menjadi pembelajar bagi generasi muda untuk selalu mencintai dan menjaga negeri ini dengan baik.
Tidak sulit untuk menemukan lokasi Jembatan Merah meskipun orang dari luar kota karena akses kesana juga cukup mudah. Anda bisa menggunakan transportasi bus dari terminal Bungurasih, ada juga lyn M dari Terminal Joyoboyo, ada Lyn N dari Terminal Bratang, bisa naik ojek pengkolan ataupun ojek online, bisa naik taxi atau bisa juga menggunakan Jasa Rental Motor, Rental Motor Surabaya, Jasa Rental Motor Surabaya. Salah satu rental motor di Surabaya adalah Rental Motor KBC yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Untuk kontak lebih lanjut bisa menghubungi:

Telp/WA : 082333445874.

3.      3. HOUSE OF SAMPOERNA                                                        
Sampoena adalah sebuah sebuah perusahaan rokok yang legendaris dan tertua di Indonesia. Di tempat ini,selain kita bisa mengetahui tentang sejarah dari berdirinya pabrik dan sejarah perkembangan rokok di Indonesia kita juga bisa mengetahui . kegiatan para pekerja pabrik atau pelinting rokok yang terkenal dengan kecepatan tangannya. Dalam satu jam, satu orang pekerja bisa melinting 325 batang rokok.     
Jam Operasional : Setiap hari jam 09.00-22.000 ( GRATIS )               
 Alamat : Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantikan, Surabaya.
Cara ke sini : Naik bus dari Terminal Purabaya menuju Jembatan Merah Plaza. Kalau sudah sampai sana, kamu bisa gunakan becak atau berjalan kaki menuju House of Sampoerna.                 
4.      4. MUSEUM BANK INDONESIA
Museum ini didirikan secara khusus oleh Bank Indonesia yang dibuka pada tanggal 27 Januari 2012. Di Museum ini, kita bisa mengetahui tentang seluk beluk dunia keuangan. Disini kita dapat mengenal alat-alat percetakan uang, jenis -jenis uang, brankas dan sejarah tentang uang di Indonesia.
5.     5.  SURABAYA  NORTH  QUAY ( SNQ )
Ini adalah salah satu wisata kekinian di Surabaya. Gabungan antara nuansa laut, gedung-gedung tua dan gedung pelabuhan yang megah dan modern serta spot cantik untuk selfi yang ada di lantai atas. Wisata yang dikelola oleh PT Pelindo III (Persero) ini dijadikan sebagai lokasi bersandarnya kapal pesiar (cruise) internasional. Surabaya North Quay terletak di lantai dua dan tiga gedung megah Terminal Gapura Surya Nusantara. Selain menjadi tempat lokasi untuk bersandarnya kapal mewah internasional, para pengunjung Surabaya Norh Quay juga dapat menikmati pemandangan indah di sepanjang Pelabuhan Tanjung Perak.
Dari teras atap Surabaya North Quay, kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan Jembatan Suramadu dan Monumen Jalesveva Jayamahe.
Suramadu adalah Jembatan terpanjang di Indonesia dan berlokasi tak terlalu jauh dari Surabaya North Quay .Saat malam hari, pemandangan akan semakin indah karena lampu-lampu Suramadu akan dinyalakan.
Adapun Jalesveva Jayamahe adalah patung sosok Perwira TNI Angkatan Laut yang sedang memandang lurus ke laut lepas. Patung ini menggambarkan keyakinan dan optimisme generasi penerus bangsa untuk meraih cita-cita bangsa Indonesia.
Masih banyak lagi wisata -wisata yang unik dan menarik di Surabaya yang perlu untuk dikunjungi.
Penulis akan memberikan informasi seputar wisata di wilayah Surabaya di lain waktu.

Museum Bank Indonesia
 
Museum Jalasveva Jayamahe



 



      



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar